Marketplace Adalah Wilayah Pelayanan Setiap Orang Percaya

Telah tiba saatnya bagi setiap orang percaya untuk menegakkan sistem kerajaan Allah dan mendesak mundur sistem kegelapan di marketplace – tempat kerja Anda.

“Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem.” – Yesaya 2:2-3.

Gunung selalu melambangkan sistem kepemerintahan. Dalam bahasa Ibrani, “gunung di hulu” adalah “yatier” yang artinya judging against mediocrity atau melawan kerata-rataan dan menjadi excellent dan unggul.

Jelas terlihat di Yesaya 2:2-3 bahwa gunung Tuhan akan menjadi standar bagi gunung-gunung lain di sekitarnya. Pada hari itu segenap bangsa akan datang ke gunung Tuhan dan mengaku Yesus sebagai Tuhan. Ini akan terjadi di hari-hari terakhir, yaitu di generasi kita ini. Bagaimana terjadinya? Yaitu pada saat orang-orang di marketplace mendengarkan perkataan anak-anak Tuhan yang hidup dengan pola pikir dan sistem kerajaan Allah. Karena panggilan utama kita ialah mengajarkan jalan-jalan dan firman Tuhan. Ini sesuai dengan amanat agung Tuhan
Yesus di Matius 28:18-20 yang antara lain memberi perintah kepada kita untuk mengajar mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Pada saat itu akan terjadi transformasi, revolusi dan reformasi.

Intinya, setiap orang percaya harus diperlengkapi dan dilatih untuk mengajar bangsa-bangsa. Dengan begini setiap umat Tuhan mem-penetrasi bangsa-bangsa. Revolusi dalam kehidupan umat-Nya sudah terjadi pada jaman perjanjian lama. Kita bisa melihat contoh yang nyata dalam kehidupan Daniel, Nehemia dan Ester. Mereka adalah tawanan perang, tetapi status mereka tidak menghentikan mereka dari mempenetrasi sistem kerajaan dunia di mana mereka hidup saat itu dengan sistem kerajaan Allah.

Di jaman sekarang ini, Tuhan sudah menetapkan dan mengurapi setiap orang percaya untuk melakukan hal yang serupa. Camkan kebenaran ini: bahwa setiap orang percaya adalah pelayan garis depan bagi Tuhan di tempat kerja Anda masing-masing. Anda lah yang berada di garis depan di mana Anda berhadapan dengan konflik antara sistem kerajaan dunia dan sistem kerajaan Allah. Peperangan antara kedua sistem ini terjadi setiap hari di kehidupan Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa membawa masuk sistem kerajaan Allah di dunia marketplace? Secara garis besarnya, Anda harus:

  1. berjalan dengan pengurapan Allah
  2. hidup dengan iman
  3. berjalan dengan kuasa dan kekuatan dari kemurahan Tuhan (force of favor of God)
  4. beroperasi di dalam area di mana karunia Anda bekerja

Ps. Indri Gautama

Leave a Reply